Jumat, 09 Maret 2012

Resensi Buku: Sai Anand Gita

Data Buku:
Judul        : Sai Anand Gita, Lord’s Song of Bliss Eternal
Penulis     : Sai Das
Editor       : Nari J. Khubchandani
Penerbit    : Anand Krishna Global Co-Operation
Cetakan     : November 2011
Tebal         : 90 halaman
ISBN         : 978-602-95405-5-0

Buku ini akan memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang sosok Guru Spiritual Sri Sathya Sai Baba. Dipaparkan dari kaca-mata seorang murid yang mencintai, Sai Das yang berarti “Pelayan Sai”, buku ini sangat indah.

Menarik sekali bagaimana seorang murid mengambarkan gurunya sebagai manusia ideal, seorang Avatar (Pembawa Pesan), seorang Sadguru (Guru Sejati). Menurut Sai Das, Guru Sejati lah yang menunjukkan jalan menuju keberkahan (Blessedness) dan menolongnya menempuh jalan menuju keberkahan itu.

Menarik untuk menyelami mengapa seseorang mau “susah-payah” berguru pada seorang Guru Spiritual. Bukankah Guru Sejati ada pada diri setiap manusia, segala sesuatu di semesta adalah guru bagi orang yang mau mengambil hikmah? Padahal Sri Sathya Sai Baba pernah  mengajarkan , “My devotees see everything as their Guru.”

Para burung memerlukan Hud-hud, Sang Burung Pemandu, untuk memandu mereka melewati tujuh gunung, tujuh lembah yang sangat berbahaya untuk bertemu dengan Sirmugh, Sang Raja Diraja Burung, Sang Diri Sejati mereka sendiri. Demikian Fariduddin Aththar dalam bukunya “Musyawarah Para Burung”.

Kembali pada Sai Das, Sang Murid yang Penuh Cinta. Menurut Sai Das, manifesto Sai Baba, inti pikiran Sai Baba, fondasi bangunan dan platform semua institusi Sai Baba ada dalam bhajan sederhana “Maanasa Bhajare Guru Charanam”.  Saat Sai Baba masih menjadi anak muda sederhana, beliau pernah menjadi lead singer bhajan Maanasa Bhajare.

Bhajan, himne spiritual, “Maanasa Bhajare” menumbuhkan tunas muda yang ada dalam diri seorang anak muda desa sederhana sehingga menjadi seorang Bhagawan, seorang yang terberkati...

Keseluruhan hidup Sang Bhagawan Sai Baba dan semua pencapaiannya saat mengunjungi planet bumi ini adalah penjabaran bhajan ini, pada pesan asli bhajan ini. Untuk memahami pikiran Sai Baba pahamilah arti pesan pertama dan terpenting yaitu bhajan Maanasa Bhajare.

Maanasa Bhajare Guru Charanam...
(Ati) Dustara Bhava Saagara Taranam...

   Meditate upon your divine potential.  
   Tap upon your inner strength, the spirit within. 
   Be strong, bold, courages, and fearless, but remain humble...

Penjabaran lanjutan bhajan indah ini bisa dinikmati dalam buku ini.

Buku ini juga mengambarkan betapa Sai Baba seseorang yang sangat detil. Contoh penjelasan beliau pada halaman 18, “Bhajan (himne) should be Uplifting and Elevating”. Swami reminded that bhajans should uplift us, should elevate us. Emotional outbursts do not uplift our soul. They do not elevate our inner being; indeed, they cannot even touch it. Emotional outbursts keep us away from our innermost feeling – from love...
...An uplifting and elevating bhajan takes us into the meditative state of mind. Then, music becomes meditation. Not otherwise...

Dan, buku ini ditutup dengan bait terakhir bhajan Maanasa Bhajare:
Aumkaaram Baba, Aumkaaram Baba,
Aumkaaram Baba, Aum Namo Baba...

I prostrate my self, I bow again and again to Sai, the True Mother; Baba, the True Father; Sadguru, The True Master; The One That is both the Apparent and the Underlying Reality, the Dancer and the Dance.

Menurut Sai Das, saat kita menundukkan kepala pada Sai Baba, sense of duality lenyap, dan lenyap pula keangkuhan, keserakahan dan semua jenis kesalah-pahaman dan kesia-siaan.
Menundukkan kepala pada Sai Baba tidak sama dengan menundukkan kepala pada jasad seorang manusia, namun menundukkan kepala pada Satu Prinsip yang direpresentasikan oleh Sai Baba.

Maanasa Bhajare...
O Man, O Mind...Sing your way through life..

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters