Selasa, 12 Juni 2012

Kisah Aneh seorang Pembicara Publik di Negeri Ini


Seorang Pakar Psikologi dan sekaligus Pakar Hipnosis tampil meyakinkan di media-media terkemuka tanah air. Tampil di Metro TV, TV One, SCTV, diwawancara beberapa kali oleh portal berita terkemuka Tempo, VIVAnews dan media-media lainnya.

Publik terpana, para wartawan juga kagum sehingga media sekelas Tempo pun mewawancarai beliau sebagai Pakar Psikologi dan sebagai Master Hipnosis. Namun ada yang menarik dari Pembicara Publik ini...

CV pada Linkedin penulis buku HypnoParenting ini, Dewi Yogo Pratomo menarik untuk diperhatikan. Dewi Yogo Pratomo menulis bahwa beliau mengambil program Bachelor dan Master pada Human Resources Management pada University of Maryland College Park Amerika Serikat. Saya perhatikan UMCP tidak ada di antara 234 Universitas dan College di Amerika Serikat yang membuka program Master untuk Human Resources Management. Saya mempertanyakan hal ini dengan tulisan di Kompasiana dan bertanya pada penerbit buku Dewi Yogo, Nourabooks.

Anehnya setelah saya mempertanyakan S1 dan S2 Dewi Yogo, tiba-tiba akun Linkedin Dewi Yogo Pratomo ditutup pada tanggal 30 Mei 2012. Kok aneh ya. Bila CV kita di Linkedin memang benar, mengapa harus ditutup.


Saya terpekur membaca email balasan dari Nourabooks tentang CV sebenarnya dari Dewi Yogo Pratomo. Email dari Nourabooks antara lain menuliskan:

“Pada tahun 1988, beliau (Dewi Yogo Pratomo) mengikuti pelatihan di Hypnosis Motivation Institute (HMI) dan mendapatkan sertifikasi Master of Hypnotherapist pada Institusi yang sama di tahun 1999.

Saya cek ke Institute bersangkutan (Hypnosis Motivation Institute) ternyata Dewi Yogo Pratomo baru saja menyelesaikan Distance Education pada Februari 2009.

Beda 10 tahun booo, 1999 dengan 2009. Dan ada yang aneh dari gelar MHt. Karena Direktur Hypnosis Motivation Institute, Elaine Perliss “hanya” bergelar CHT (Certified Hypnotherapist). Kok bisa ya Dewi Yogo Pratomo yang baru lulus pada Februari 2009 memakai gelar MHt (Master of Hypnotherapist). Aneh sekali. Sila cek gelar yang biasa dipakai oleh para Hypnotherapist termasuk yang sudah berpengalaman bertahun-tahun.

Saya membaca portal berita terkemuka di Indonesia, TEMPO. CO yang menulis sepak terjang Dewi Yogo Pratomo berikut CVnya. Siapa yang tidak percaya pada Tempo sebagai sumber berita. Wartawan Tempo umumnya tidak sembarangan menulis. Selalu ada verifikasi sebelum satu tulisan ditayangkan.

Yang mengherankan adalah, mengapa CV Dewi Yogo Pratomo yang diberikannya pada Tempo, pada penerbit bukunya Nourabooks dan yang ditulis pada Linkedin tidak sinkron.


Mari kita simak CV Dewi Yogo Pratomo versi TEMPO.CO yang dimuat pada Rabu,28 Oktober 2009, versi Linkedin dan versi Nourabooks, penerbit buku Dewi Yogo Pratomo.

Pendidikan S-3
Versi Tempo: 1997-1999 Program S-3 Doktor Psikologi Manajemen Sumber Daya Manusia , Universitas Padjadjaran Bandung.
Versi Nourabooks: 1997-1999: jurusan Human Resources Management specializing in Human Behavior in Organization and Industrial Psychology (sandwich program with University of Maryland)
Versi Linkedin: 1997-1999: PhD Human Resources Management & Industrial Psychology University of Padjadjaran.
Sila cek di schoolar.google.com : Dewi P. Faeni (Dewi Yogo Pratomo) membuat disertasi Doktor di bidang Ekonomi tahun 2000.

Pendidikan S-2:
Versi Tempo: 1990-1991 Program S-2 Master Bisnis Administrasi  Universitas Maryland, Fankfrut, Jerman.
Versi Nourabooks: 1990-1991 Program S2 pada jurusan yang sama (Maksudnya jurusan yang sama dengan  jurusan pada Program S-3? Kurang jelas.)
Versi Linkedin: 1984-1988 Master Degree Human Resources Management University of Maryland College Park
Sila dicek, adakah Program Master Bisnis Administrasi (MBA) di University of Maryland University College di Jerman.
Jadi S-2 nya dimana? Di Frankfurt atau University of Maryland College Park Amerika Serikat? Mengambil program MBA atau Human Resources Management?

Pendidikan S-1 1980-1984:
Versi Tempo: S1 Psikologi Universitas Maryland Frankfurt Jerman.
Versi Nourabooks: S1 Human Resources Management and Financial Management di University of Maryland Jerman.
Versi Linkedin: Bachelor Degree Finance and Human Resources Management University of Maryland College Park Amerika Serikat.
Jadi Dewi Yogo ini mengambil program S-1 Psikologi atau S-1 Human Resources Management and Financial Management? Mengambil S-1 di Universitas Maryland Jerman atau S-1 di Universitas Maryland Amerika Serikat ?

Pada buku HypnoParenting hal 118-139, Dewi Yogo memberikan diagnosa pada pasien sebagaimana lazimnya  seorang Psikiater. Padahal beliau bukan seorang Psikiater dan tidak mempunyai latar belakang pendidikan sebagai Psikolog Klinis.

Masih lekat pada ingatan saya bagaimana Dewi Yogo tampil di Metro TV dan media-media lainnya sebagai Psikolog Tara. Bahkan pada beberapa media diberitakan bahwa Dewi Yogo adalah Psikiater Tara. Media yang salah tulis atau Ibu Tara tidak tahu beda antara Psikiater dengan Psikolog. Yang penting Tara diterapi agar “seperti anak lain”.

Saat diwawancara Metro TV, Dewi Yogo mengatakan bahwa dia menghipnosis Tara sebanyak 45 kali dalam jangka waktu tiga bulan dan selama tiga bulan itu Tara diisolasi. Aneh sekali. Untuk kasus menghilangkan trauma perkosaan, seorang Psikiater berpengalaman seperti Prof. Dr. Ni Luh Suryani hanya memerlukan tiga kali hipnoterapi.  Kok seorang gadis yang “mengaku” dilecehkan (dipeluk dan dicium) dihipnosis hingga 45 kali untuk menghilangkan trauma?

Melakukan isolasi pada seseorang dan memberikan hipnosis sebanyak 45 kali dalam jangka waktu tiga bulan sangat tidak lazim dan memungkinkan Hipnoterapis menyisipkan memori palsu pada klien. Hal ini sangat mungkin terjadi pada seorang gadis yang ingin bebas menentukan jalan hidupnya, dan meminta bantuan pihak lain agar pihak tersebut berbicara dengan Ibunya yang posesif dan mengisolasi dia dari dunia luar. Setelah dihipnosis 45 kali tiba-tiba gadis tersebut menuduh pihak yang sebelumnya diminta pertolongannya. Pihak yang dulu menolong si gadis menjadi pihak yang ingin menculik dan melakukan pelecehan terhadapnya.

Bisa dicek mal praktek yang dilakukan oleh Psikiater/Psikolog/Hipnoterapis pada www.fsmsonline.org yaitu yayasan yang menangani mal praktek pada pasien sehingga merugikan pasien dan orang lain. Pada website ini bisa dilihat kasus-kasus tentang memori palsu yang ditanamkan pada obyek/pasien. Salah satu kisah nyata tentang penanaman memori palsu ini bisa disaksikan pada film kisah nyata Indicment, The Mc Martin Trial. Pengadilannya memakan waktu bertahun-tahun karena saksi selalu memberikan keterangan yang berubah-ubah.

Jadi....Bagaimana pendapat anda tentang Pembicara Publik yang aneh seperti Dewi Yogo Pratomo ini ???

TerimaKasih,
Salam Takzim _/l\_



7 komentar:

Anonim mengatakan...

Masa sih buat jadi populer perlu kebohongan? Sebaiknya ditindak lanjuti saja bu agar tidak menyesatkan mereka yang konsultasi.

Guruntala mengatakan...

Saya sudah menulis di kompasiana juga telah mention pihak penerbitnya. Bila mereka tidak memberi respon, itu urusan mereka.
Dewi Yogo berkilah, "Silakan datang ke tempat praktek saya untuk melihat ijazah saya."
Pada masa digital printing berkembang pesat, ijazah darimana saja bisa saya pesan, bila saya mau ngaku-ngaku lulusan Harvard misalnya.
Mau tidak mau memang harus cek ke universitas bersangkutan apakah benar seseorang alumnus atau tidak.
Terimakasih tlah berkenan mampir :)

Anonim mengatakan...

Paparan yang saya baca ini kok terlalu menjatuhkan nama seseorang ya? Utk apa? Salam, saya salah satu mahasiswa beliau.

Guruntala mengatakan...

Salam Hormat...
Saya harap Anda bisa membedakan atara "menjatuhkan seseorang" dengan "mengungkapkan kejahatan seseorang".
Bila anak Anda butuh bantuan Psikolog, apakah Anda akan mendatangi seorang Psikolog yang kuliah S1 dan S2 pd jurusan FIKTIF ?
Bila seseorang mengungkap kebohongan seorang Dokter Palsu maka orang itu MELAKUKAN KEBAIKAN atau MENJATUHKAN SESEORANG ?
Mengungkap kebohongan seorang Dokter atau seorang Psikolog PALSU adalah suatu kebaikan karena mencegah masyarakat tertipu atau dirugikan oleh Dokter atau Psikolog Palsu.
Saya tidak mau menjadi mahasiswa seseorang yang S1 dan S2 nya FIKTIF. Maaf saja. Ilmu apa yang bisa dipelajari selain ilmu tipu-tipu ?
Salam hormat...TerimaKasih

Anonim mengatakan...

Beliau ybs sekarang maju sebagi caleg DPR-RI Dapil Yogyakarta dari Partai Nasdem

Anonim mengatakan...

sosok yang SOMBONG

Anonim mengatakan...

Maaf,, saya baru baca.
Terimakasih sudah mampir dan memberikan komentar.
Lapak ini sudah lama tidak ditengok. Dan saya tidak dapat notif bila ada yg berkenan komen.
Salam Sehat dan Bahagia _/l\_
* Rawinah Ranarty

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters