Kamis, 01 November 2012

Bahagia itu Sederhana


Saya suka dengan hastag di twitter #BahagiaItuSederhana. Betul, bahagia itu sederhana. Tidak perlu uang bermilyar-milyar untuk merasakan bahagia.

Ada kalimat favorit saya pada novel Windy Ariestanty, “Life Traveler”. “Kami riang gembira menjalani profesi kami (Windy seorang editor buku ternama). Tak ada hari tanpa tertawa. Buat saya, editor itu dunia yang penuh warna. Dinamis, semarak, dan luar biasa. Saya suka berada di dalam keriaannya.”

Bahagia itu sederhana. Bekerja dengan riang gembira adalah satu kebahagiaan.

Bahagia itu sederhana. Duduk hening pada pukul 5 pagi di kelilingi tanaman-tanaman indah di daerah puncak membuat saya merasa bahagia. What a life... Jadi ingin ikutan lagi retreat di Padepokan OneEarth Ciawi.

Bahagia itu sederhana. Perhatikan masyarakat adat yang tampak tidak modern. Mereka bahagia hidup harmonis dengan alam. Mereka mencintai alam dimana mereka tinggal. Mereka merawat alam sebagaimana alam merawat mereka. Namun kebahagiaan itu terkoyak oleh keserakahan manusia. Tiba-tiba ada pihak yang berkuasa, yang memberikan perintah untuk merusak hutan tempat masyarakat adat hidup. Ada hutan yang dirusak untuk kebun kelapa sawit, ada yang dirusak untuk usaha tambang, ada kayu-kayu yang ditebang untuk furniture manusia kota.

Keserakahan merusak kebahagiaan orang lain dan merusak diri sendiri. Pihak yang mengeksploitasi alam tampak senang dengan perolehan duit yang banyak. Namun bahagiakah mereka? Duit yang banyak akan menjadi serapah, kutukan untuk anak cucu mereka. Cerita-cerita anak orang kaya yang menghambur-hamburkan duit orang tua, kecanduan drugs dll mewarnai cerita kaum urban. Duit banyak bukan dari hasil mengeksploitasi pihak lain saja kadang merupakan cobaan berat, apalagi dari hasil menindas pihak lain.

Bahagia itu sederhana. Makan makanan vegetarian saat retreat di Padepokan OneEarth rasanya nikmat sekali. Tidak kalah dengan breakfast atau dinner di hotel bintang lima atau restoran mahal. Makanan vegetarian itu nikmat apalagi bila yang menyiapkan seorang meditator. Ada bumbu cinta *uhuuyyyy.

Saat dunia sedang krisis pangan seperti saat ini menjadi vegan adalah solusi. Tidak perlu perang antar negara atau antar suku untuk memperebutkan sumber makanan dan air. Makanan dan air minum cukup untuk seluruh manusia di atas planet bumi ini bila manusia-manusia di atasnya tidak serakah, mau berbagi dengan sesama. Mari menjadi vegetarian. Makan ikan boleh lah, sedikit daging putih masih bisa, namun daging merah adalah big no no, perlu sangat dijarangkan.

Bahagia itu sederhana. Tidak perlu belanja barang-barang bermerk di mall terkemuka. Window shopping memang menyenangkan namun bila sampai kepikiran ingin memiliki barang-barang mewah itu, mulailah “neraka”. Tidak bersyukur adalah awal cerita seorang wanita/pria matre yang morotin om-om/tante-tante kaya.


Bahagia itu sederhana. Bahagia itu bila kita bersyukur dengan pemberian Yang Maha Kuasa. Tidak bersyukur, keinginan yang terus berkembang, serakah adalah awal dari korupsi. Dan korupsi adalah awal dari kehancura satu bangsa.

Bahagia itu sederhana. Tidak perlu beristri lebih dari satu, tidak perlu berselingkuh, tidak perlu datang ke Al*x*s atau tempat pijat-pijat plus untuk mencapai kepuasaan dan kebahagiaan. Mari ikut Retreat Kamasutra selama tiga hari di OneEarthRetreat.com .

Pada Retreat Kamasutra ini akan dibuka rahasia kamasutra. Single juga boleh lho. Single berhak bahagia juga dong. Pada retreat ini dibahas bagaimana memanfaatkan energi seks yang dahsyat untuk kreativitas dan kebahagiaan. Untuk single, energi seks disalurkan untuk kreativitas, jadi tidak terbuang percuma untuk k hal-hal yang tidak bermanfaat.

Bahagia itu sederhana. Namun ketidak-bahagiaan itu rumit, merusak diri sendiri dan pihak lain.

Contoh pihak yang tidak berbahagia adalah pihak yang mengeksploitasi alam untuk tambang, perkebunan sawit dll. Karena keserakahan, mereka lupa bahwa di hutan ada tanaman-tanaman obat, ada tanaman untuk obat kanker dan penyakit-penyakit mengerikan. Hutan adalah tempat penyimpanan air, tempat satwa yang berguna dalam rantai makanan bermukim.

Tambang merusak hutan, merusak sungai . Betapa banyak makhluk hidup yang menderita karenanya. Emas berkilo-kilogram tidak ada artinya dibandingkan dengan kenikmatan minum air yang jernih, makan makanan sehat, menikmati alam yang masih perawan, udara segar dengan vibrasi bagus.

Mari berbahagia. Semoga semua makhluk berbahagia.
TerimaKasih. Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters