Kamis, 05 Desember 2013

Review Film : Sagarmatha




Ternyata film Sagarmatha tidak lama ditayangkan di bioskop. Sayang sekali. Padahal film ini keren banget. Ceritanya kereen! Sepertinya perlu beli DVD film ini.

Film ini berkisah tentang dua sahabat, Shilla dan Kirana, yang setahun lalu pernah berjanji untuk mendaki hingga puncak tertinggi pegunungan Himalaya, Mount Everest. Sagarmatha adalah bahasa Nepal untuk Mount Everest.

Ternyata perjalanan ini juga merupakan perjalanan batin dua sahabat karib ini.

Kirana berpendapat bahwa seorang wanita harus berjuang untuk mencapai puncak prestasi tertinggi dalam hidup. Jangan sampai cita-cita itu terganggu dengan tetek bengek mengurus suami dan anak-anak.
Kirana menyemangati Shilla agar menggapai cita-cita untuk menjadi penulis yang hebat. Sementara Shilla selalu membayangkan rumah hangat, yang isinya adalah Shilla, suami, anak dan cucu.

Dalam pendakian ke Sagarmatha ini, Shilla mempertimbangkan apa yang benar-benar diinginkannya. Mencapai prestasi puncak untuk diri pribadi atau membangun rumah tangga yang tentunya sedikit menghambat ambisi pribadi.

Menarik untuk dipikirkan para wanita muda ya *wohoooo...

Yang saya sukai dalam menonton film adalah menikmati kota latar belakang cerita. Di film ini kita melihat Kolkata yang kumuh dari dekat. Melihat bagaimana pemandangan dari kereta api dari India menuju Nepal. Trus melihat Potala. Melihat kehidupan masyarakatnya. Tampaknya kota Nepal dan Potala kota yang sederhana ya. Beda dengan Indonesia yang megah walau harta bangsa ini sudah digadaikan.

Sukaaa banget melihat pemandangan saat Shilla dan Kirana mendaki. Subhanallah... Indahnya Himalaya... Indahnya ibu bumi...

Dan saya setuju dengan tagline Kirana: “Pada akhirnya setiap orang harus sendiri”.

Ya, setiap orang harus sendiri. Ada suami atau tidak bersuami, tanpa anak atau beranak banyak, tanpa keluarga atau dikelilingi keluarga, pada akhirnya manusia itu harus sendiri, harus menempuh perjalanan sendiri-sendiri.

Jadi terharu banget menonton film ini. Sangat terkesan.

Terimakasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters