Minggu, 29 Desember 2013

Bangun Trisna



Gambar dari Facebook Flower Power

Bangun trisna adalah ungkapan orang Jawa tentang perasaan cinta. Bukan ”fall in love” atau “jatuh cinta” tapi “bangkit cinta”. Indah sekali, cinta seharusnya membangkitkan kita, bukan membuat kita terjebak dalam keterikatan.

Bangun trisna: Love should be awakening us...

Beberapa teman saya adalah istri yang dikekang suami dengan banyak aturan. Aturan memang perlu, bukan untuk istri saja tapi untuk suami juga. Misalnya menjaga diri agar tetap berada di “jalur yang benar”. Seseorang harus menjaga pergaulan. Benar kan ya. Bila berteman dengan seorang penipu bukankah kita akan ikut-ikutan menjadi seorang penipu juga?

Selama ini saya kurang memakai intelegensia saya. Ketika masih muda, saya berpikir bila kita mencintai suami maka kita harus mengikuti kehendak suami. Ternyata salah besar. Bagaimana bila suami kita punya masalah sendiri, punya obsesi besar, kurang perhatian, bahkan posesif, cenderung menekan istri?  Istri jadi tertekan, tidak berkembang  potensinya.

“Aku bertanggung jawab penuh atas hidupku ini”. Ini merupakan afirmasi pertama dalam latihan Kundalini Yoga. Afirmasi ini sangat powerful. Saya, dengan segala kebodohan saya, pernah percaya bahwa suami berniat membahagiakan saya. Bodoh sekali. Ternyata suami dan obsesinya bukan saja “tidak membahagiakan” saya tapi membuat saya tercabut dari rasa aman.

Pelajaran terpenting dari perkawinan saya adalah “saya bertanggung jawab penuh atas kehidupan saya sendiri, pada kebahagiaan saya sendiri”.

Suami, sebagaimana manusia umumnya, bisa manipulatif, bisa berbohong untuk kepentingan mereka sendiri. Mereka bisa berkata manis, “Saya melakukan ini untuk membahagiakanmu.”

Saya jadi panas membaca kultwit Fahri Hamzah @Fahrihamzah tentang mengapa Anaway, istri Anis Matta, lapang dada menerima Szilvia untuk menjadi istri kedua Anis Matta dan tinggal serumah dengannya. Apakah cinta Anis Matta membuat Anaway bangun trisna, bangkit kebahagiaannya?

Mungkin Anaway punya hati seluas samudra. Mungkin. Namun apa yang bisa dilakukan seorang istri dengan 7 anak ketika suami mau beristri lagi? Mau minta cerai? Tentu istri akan berpikir tentang sekolah dan kepentingan 7 anaknya. Lagipula karena kesibukan dalam mengurus 7 anak, istri tidak sempat mengasah diri memperdalam skill dan knowledge nya. Bagaimana dia harus menanggung biaya hidup dan pendidikan 7 anak bila dia menjanda?

Mungkin mantan suami tetap bertanggung jawab dalam memberi nafkah pada anak-anaknya. Namun tentu saja tidak ada jaminan. Banyak istri yang memutuskan untuk tetap menanggung beban perasaan sebagai istri yang dimadu karena kepentingan anak-anak.

Saya heran dengan orang-orang partainya Anis Matta ini. Mereka senang mempunyai anak banyak. Jadi ingat “InfernoDan Brown. Bila ledakan penduduk tidak dapat dikendalikan, bumi ini akan menjadi neraka. Sebagian penduduk bumi akan mati karena memperebutkan air dan makanan untuk survive.

Orang bisa pintar secara intelektual. Mereka bisa menjadi sarjana, master atau doktor. Namun bila tidak menggunakan intelegensia maka mereka tidak bisa memikirkan kepentingan yang lebih luas dari kepentingan diri sendiri dan kelompok.

Mungkin satu pasangan sanggup membiayai hidup dengan anak 10, anak 12, anak 9. Namun bagaimana dengan daya tampung bumi? Lagipula pada masa sekarang ini, sulit untuk survive dengan anak yang terlalu banyak. Bagaimana bila si bapak kena phk, jobless? Bagaimana dengan biaya hidup dan biaya pendidikan banyak anak itu?

Bangun trisna...Love should be awakening us...

Apakah pernikahan dengan seseorang membuat kita bangkit? Bangkit segala potensi baik dalam diri kita sehingga kita bisa membahagiakan diri kita dan bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain? Bila itu terjadi maka kita memang benar-benar bangun trisna.

Semoga kita semua dalam keadaan bangun trisna. Amin.
Terimakasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters