Selasa, 09 April 2013

Afirmasi pada Neo Kundalini Yoga




Beruntung banget saya bisa ikutan retreat "Kundalini Yoga" di OE Retreat Ciawi... Kalo menunda-nunda, tak bakal kejadian...

Perlu banget yoga untuk saya pada usia menjelang 50 tahun. Saya perhatikan para praktisi yoga tidak bungkuk, berjalan dengan anggun pada usia 60-70-80 tahun. Kebetulan saya bermasalah dengan tulang punggung, pernah jatuh saat bayi. Namun badan kaku yang tidak dilatih akan menjadi semakin kaku. Orang yang badannya tidak lentur parah banget kalo jatuh...

Seorang dokter chiropractor, dr Janfrional, menyatakan bahwa kundalini yoga di Anand Ashram sangat aman. Praktek yoga yang tidak memperhatikan keamanan dan kenyamanan praktisi bisa menyebabkan keretakan tulang punggung. Mengerikan sekali, jadi perlu banget untuk mencari latihan yoga yang aman untuk kita...

Rangkaian latihan Kundalini Yoga di Anand Ashram adalah rangkaian latihan yang dipilih oleh Bapak Anand Krishna. Sebelum memulai latihan Kundalini Yoga, alangkah baiknya membaca buku "Neo Kundalini Yoga" yang ditulis oleh Bapak Anand Krishna. Yoga bukanlah sekedar gerak badan agar badan lentur dan seksi , namun satu upaya utk mempersiapkan badan untuk mengakses kesadaran yang lebih tinggi... Kundalini Yoga adalah satu upaya agar manusia bisa bangkit dari kesadaran hewani, menuju kesadaran cinta dan lanjut ke kesadaran ilahi...

Indah sekali rasanya mulai duduk hening pukul 5 pagi di Aula As Salam OE... Life is sooo beautiful, we often neglect the beauty of life... Langit biru, sinar hangat mentari, daun-daun menyapa, bunga2 tersenyum, burung bernyanyi... Kita mengabaikan keindahan di sekitar kita karena terlalu banyak pikiran dan ambisi...

Afirmasi pada putaran pertama yoga membuat saya tertonjok. "Aku bertanggung jawab penuh atas hidupku ini"...

Terlalu sering saya menyalahkan orang tua, suami, teman, penceramah dalam hidup ini. Padahal saya yang bertanggung jawab penuh atas hidupku ini.

Bila ada perkumpulan yang membuat saya tak berdaya, saya lah yang harus meninggalkan perkumpulan itu. Bukannya dengan tolol menyalahkan kelompok itu. Saya sebagai manusia, sebagai wanita harus berdaya. Sering sekali saya mendengar penceramah yang menghimbau agar wanita harus menurut pada suami. Kalau suami baik, okelah kita jadi istri penurut. Bagaimana bila suami memperlakukan kita sebagai penjaga rumah, tak peduli dengan kesehatan kita lahir batin, apakah kita harus patuh? Saya mengenal beberapa ibu yang sangat patuh pada suami yang sewenang-wenang. Kemudian ibu tersebut melimpahkan ketidak-bahagiaannya pada anak dan mantu. Ibu seperti itu menjadi cobaan berat bagi anak keluarganya...

Aku bertanggung jawab penuh atas hidupku ini... Ya, sangat tolol untuk menyalahkan suami atas kesusahan kita. Bila suami menindas kita, memperlakukan kita dengan sewenang-wenang, kita lah yg harus bertindak. Bila musyawarah tidak mencapai mufakat, saatnya untuk menempuh jalan masing-masing...untuk kesehatan dan kebahagiaan lahir batin...

Aku bertanggung jawab penuh atas hidupku ini...
Ya!!! Kita bertanggung jawab penuh atas hidup kita... Janganlah kita sibuk menyalahkan orang lain sehingga lupa bahwa kita lah yg bertanggung jawab penuh atas hidup kita, bukan orang tua, suami, anak, saudara, guru dsbnya.

Saya mengenal seorang Ibu yg menyalahkan seorang Guru Spiritual karena usaha "kue goreng" dia sebanyak 2 gerobak bangkrut. Ibu ini marah dan dendam sehingga dia ikut serta dalam "penyerangan" terhadap guru spiritual ini dengan mengaku-ngaku dipegang payudara.  Usaha kue goreng bangkrut lalu menyalahkan guru spiritual. Ketika suaminya sembuh dari kecanduan judi kok tidak menyalahkan guru spiritual tersebut. Ketika mendapatkan pengetahuan, skill, network, kesadaran, kok tidak menyalahkan guru spiritual tersebut...

Begitulah kita manusia, mau enaknya saja. Karena kita memiliki reptilian brain pada otak kita. Reptilian brain mengutamakan kenyamanan, demi kenyamanan bisa membunuh, bisa melakukan apa pun...

Bila kita tak mau dijajah oleh reptilian brain, marilah kita berjuang dengan mempraktekkan yoga...kundalini yoga. Semoga kesadaran kita meningkat, dari kesadaran hewani meningkat ke kesadaran manusiawi dan semoga bisa mencapai kesadaran ilahi...amiiin

Yang berminat mengikuti latihan Neo Kundalini Yoga bisa klik www.anandashram.or.id atau www.oneearthretreat.com

TerimaKasih, Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters