Minggu, 21 April 2013

KOCOK: Cerita tentang Arisan Ibu-ibu Sosialita



Kerabat saya yang (saat itu berduit) mengomentari hobi saya beli buku, “Mending uang untuk beli buku dipakai untuk beli makanan dan baju”.

Aaaaaa, jadi minder, secara dia orang kaya sementara saya orang biasa yang cukupan (amiin) ajah. Saya jadi mengurangi baca buku. Lalu menyesal di kemudian hari. Saya jadi ketinggalan banyak hal, banyak info penting yang saya lewatkan. Dan info adalah kekuatan!! Saya beberapa kali kena tipu orang dan tidak bisa ngeles karena kurang info.

Pelajaran juga untuk saya agar menyaring kuping. Berteman dengan orang sempit membuat kita ikut sempit dan bodoh. 

Kerabat saya ini kemudian menjadi bulan-bulanan “teman” karena tidak mau membaca dan mencari info. “Teman” bisa menjerumuskan... kudu berhati-hati dengan pergaulan dan info. Kerabat saya itu saat ini bangkrut, dan harus hidup sangat sederhana. Semoga beliau menjadi makmur kembali, amiiin.

Bertahun-tahun saya bercita-cita untuk mendukung pendirian Khilafah, negeri berdasarkan syariah Islam. Saya telusuri, mengapa saya bisa punya pemikiran seperti itu? Ternyata karena buku-buku di rumah saya hanya terbatas pada satu pemikiran. Ibu saya memang langganan majalah Kartini. Saya sejak kecil langganan majalah Kuncung, Kawanku, Bobo dan dilanjutkan dengan langganan majalah Gadis. Namun buku-buku di rumah saya terbatas pada buku-buku tulisan aktivis Muhammadiyah. Bapak saya pengurus Muhammadiyah di daerah saya jadi saya tumbuh dengan majalah Muhammadiyah. Buku yang mempengaruhi saya saat kecil adalah buku M. Natsir “Kapita Selecta” yang mengusung ide pendirian Khilafah.

Saya tidak salah ketika membaca buku “Kapita Selecta” M. Natsir. Menjadi tidak tepat ketika saya tidak membaca buku pembanding. “Kapita Selecta” mengusung pemikiran M. Natsir yang menentang pemikiran Bung Karno soal NKRI. Sepatutnya saya juga membaca buku-buku tentang pemikiran Bung Karno.

Perhatikan perdebatan di beberapa forum online, facebook atau twitter. Seseorang yang fanatik tidak akan mau membaca buku yang membahas pemikiran yang berseberangan dengan keyakinannya. Tidak akan terjadi diskusi sehat dengan orang yang cupet. Yang ada adalah perang kata-kata penuh stigma seperti “kafir”, “liberal” dst.

Btw, baru-baru ini saya membaca buku yang berjudul “KOCOK – the Untold Stories of Arisan Ladies and Socialites” tulisan Joy Roesma dan Nadia Mulya.

Syukurlah di dunia ini ada buku dan penulis sehingga saya bisa menyelami kehidupan sosialita tanpa harus mengalaminya. Saya tidak mampu untuk memiliki gaya hidup seorang sosialita, pastinya hehehe. Berkat buku dari dua orang sosialita ini, saya seakan-akan masuk ke dunia sosialita dan bisa belajar dari pengalaman-pengalaman heboh mereka.

Tidak kuat boo bila saya memaksa untuk bergaya seperti seorang sosialita. Tiap hari makan di Pasific Place, Plaza Senayan, Sency, Grand Indonesia, Citos, Mall of Indonesia mana kuaaaat! Selain biaya arisan, biaya makan, biaya transport, perlu banget biaya penampilan. Biaya baju, sepatu, tas, perawatan kulit, biaya salon, parfum, accessories yang bermerk pastinya muahaaal!!! Namanya juga ke Mall setiap hari, pastinya tidak terlewatkan window shopping. Jadi kepingin ini kepingin itu, lalu beli juga barang yang harganya terjangkau. Kalo maksa juga, menurut buku ini, ditanggung akan jual rumah dalam waktu dekat!

Ada selebtwit yang setiap hari makan di mall-mall besar seperti Sency atau PP. Memang pekerjaannya menuntut untuk entertainment setiap hari dan penghasilannya juga besar. Gaya hidup tiap hari ke mall bisa ditanggung oleh dia. Beda dengan saya yang harus menghemat. Saya bisa setiap hari nongkrong di tempat seperti Sevel, minum teh di cafe XXI atau ngopi di J.Co sambil baca buku. Selain itu, bisa bangkut!

Demikian curhat saya untuk hari ini. Membaca itu penting dan perlu *smile
TerimaKasih...Namaste _/l\_

Gambar di atas berasal dari topdunia.com

6 komentar:

Anonim mengatakan...

membaca itu penting banget, kalau baju ya secukupnya aja :-)

Guruntala mengatakan...

Hehehe...makasih tlah mampir :)

Anonim mengatakan...

selamat siang:) saya lynda dari lembaga pers mahasiswa EKSPRESI UNY. kebetulan saya sedang menulis tentang kocok. apa saya boleh mencomot salah satu pernyataan di blog ini? hmmm mungkin sekalian kenalan, apa nama rawinah-ranarty itu nama asli? terimakasih

Guruntala mengatakan...

Silakan Lynda...dengan senang hati :)
Iya, rawinah-ranarty adalah nama asli :)
TerimaKasih tlah mampir di blog saya :)

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum w.w...
Kenalkan saya Tonnie Firdaus.

Perkenankan saya ingin menyampaikan berita baik, yaitu penawaran Paket perjalanan Ibadah Umroh 9 hari, untuk :

1. Periode 28 desember 2013, $ 1.870 /org. Hotel *4.
2. Periode 15 Januari 2014, $ 1.670 /org. Hotel *3
3. Periode 30 Januari 2014, $ 1.730 /org. Hotel *3
4. Periode Februari 2014, $ 1.750 /org. Hotel *3
5. Periode Maret 2014, $ 1.750 /org. Hotel *3
6. Periode April 2014, $ 1.750 /org. Hotel *3

Harga promosi : 17Jt /org (quard)

SEMUA HARGA PAKET SUDAH TERMASUK :
- Perlengkapan Umroh lengkap Pria & wanita (Koper, ikhrom, mukena bergo, buku do'a dan seragam)
- Tiket pesawat (ekonomi)
- Pembimbing Umroh (selama di tanah suci)
- Air zam-zam 10 lt / jamaah
- Ziarah ke tempat2 sejarah
- Manasik Umroh
- Airport tax dan handling bandara

*) Program jadwal, Hotel, pesawat dan Harga DAPAT BERUBAH sewaktu-waktu, menyesuaikan situasi dan kondisi reservasi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Sampaikan juga berita baik ini kepada teman2 dan kerabat saudara.
Semoga ini menjadi kebaikan dan berkah untuk kita semua..Amiin..amiin..Yaa Robbal alamiin

Wassalamu'alaikum w.w.

Tonnie Firdaus
- 087 882 889 709
- 0813 1527 2348

Unknown mengatakan...

kisah nyatah
ini minta maaf terlebih dahulu,mau berbagi sering pengalaman,dulu awalnya aku cuma pedagang biasa,and selalu berusaha ingin sukses,tapi di pertengahan usaha bangkrut dan banyak hutan di mana mana tapi aku tak mau putus asa cari jalan keluar,syukur aku temukan nomor 085217519919 ki songo di webnya dia www.paranormal-kisongo.blogspot.com berkat petunjuk dan arahan beliau aku berhasil bangkit lagi,biarpun aku berhubungan beliau degan jarak jauh aku yakin dan percaya bahwa ini orang yang bisa membantu aku,awal ragu tapi aku beranikan diri telpon beliau degar bicara dan arahan nya,aku yakin ini orang bisa membantu,terima kasih kisongo.wassalam

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters