Senin, 23 April 2012

Ternyata Dia Seorang Manipulator Pikiran !!!


       Pernah bertemu dengan seorang manipulator pikiran? Saya sering *smile. Berikut beberapa pengalaman tentang sepak terjang seorang manipulator pikiran:

       Seorang teman, Wiro, tak peduli dengan karir, pekerjaan, tabungan, harga diri demi memenuhi keinginan seorang manipulator pikiran, Darmin. Dia memberikan seluruh tabungan, menggadaikan rumah, pinjam ke Bank, pinjam ke Koperasi Kantor. Dia tak peduli dengan protes istrinya yang terpaksa hidup sangat sederhana karena Darmin terus-terusan minta uang. Dengan tega Wiro menjual perhiasan emas istrinya demi Darmin. Sedemikian parahnya Wiro disetir oleh Darmin, hingga dia rela menjadi penipu. Wiro berhutang ke teman, saudara, keluarga istri sambil mengarang cerita apa saja agar tujuannya mendapatkan duit untuk setoran ke Darmin berhasil.

       Apa yang Wiro dapatkan dari Darmin si Manipulator yang pengangguran kelas berat? Pujian, harga diri (semu) dan duit banyak (yang hanya khayalan belaka). Wiro merupakan mangsa empuk bagi Darmin karena Wiro sangat butuh dipuji-puji bahwa dia berharga, dia orang penting, dia akan mendapatkan uang yang sangat banyak.  Di lain pihak, Darmin ingin hidup senang tanpa bekerja. Jadi manipulator pikiran jalan untuk sukses. Wiro yang Manager seorang BUMN tak kunjung bisa memiliki mobil sederhana, sementara darmin yang tak berpendidikan dan tak mau bekerja bisa dengan gagah menyetir mobil dengan lagak orang berduit.

       Asisten rumah tangga saya, Sri terjebak masuk NII. Dia tidak mempan dinasehati. Apa pun petunjuk Atasan NII nya adalah perintah Tuhan yang wajib dia patuhi. Demi Atasan NII Sri rela menyerahkan seluruh gajinya, mengambil uang belanja saya, melakukan apa saja perintah si Atasan. Sementara Asisten rumah tangga Ipar saya, Wati, yang sama-sama direkrut NII tidak berhasil dipengaruhi. Wati kembali ke kehidupan normalnya sebagai Asisten rumah tangga yang ceria dan gaul.


       Mengapa Sri bisa dipengaruhi, bisa dimanipulasi sementara Wati tidak. Karena dalam diri Sri ada sesuatu yang menjadi makanan empuk  Atasan NII nya, si Manipulator. Sri yang merasa tak berharga diangkat sebagai orang yang berjasa demi kebangkitan Islam di tanah air, pahlawan kebangkitan khilafah tanah air, pahlawan yang mengharumkan nama Allah, Rasulullah dan Islam, hebat banget kan. Demi menjadi orang penting Sri bagai kerbau dicocok hidung. Walau tugas Sri hanya menyetor uangnya yang sedikit dan berkeliling mencari calon-calon “pahlawan” seperti dirinya.

       Seorang kerabat, Haris, diam-diam ternyata jago juga manipulasi pikiran. Dia datang pada seorang kerabatnya, Mira, untuk meminjam duit 10 juta, duit yang besar sekali untuk ukuran Mira. Haris mulai memanipulasi dengan berceirita bahwa kerabat mereka, Ita, penghasilannya besar tapi pelit, tidak mau meminjamkan duit untuk membantu kerabat yang sedang susah. Beda dengan Mira yang baik hati, yang ringan tangan menolong saudara yang kesusahan. Dengan mengangkat-angkat Mira sebagai orang yang baik hati maka keluar duit 10 juta tabungan Mira. Pinjaman yang mungkin akan dibayar Haris di Akhirat, karena Haris tak pernah berusaha untuk mencicil atau mengembalikan pinjamannya.  

       Mengapa Mira mau dimanipulasi Haris? Karena Mira senang diangkat-angkat, senang dipuji-puji sebagai orang baik hati, penolong. Kok Haris tega berhutang ke Mira yang hidup pas-pasan? Namanya juga Haris orang yang kepepet, mau tak mau merugikan orang lain demi kebutuhan hidupnya.

Bila semut mati karena gula, orang “mati” karena pujian. Si Manipulator pikiran memanfaatkan keserakahan atau memanfaatkan keinginan untuk dihargai atau  dipuji yang ada dalam diri korban untuk memenuhi keinginannya.

Tulisan ini terinspirasi oleh buku Neo Spiritual Hynotherapy,  Seni Pemusatan Diri untuk Bebas dari Pengaruh Hipnosis Massal karya Anand Krishna.

Namaste Beloved Friends _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters