Rabu, 01 Mei 2013

Kutukan Memori: dari buku "Sybil" Kisah Nyata Seorang Gadis dengan 16 Kepribadian



Lanjut tentang “Berkah Melupakan”. Bisa melupakan merupakan berkah besar dalam hidup, bisa melupakan tidak berarti lupa ingatan ya qiqiqiqi...

Sudah baca buku psikologi terkenal “SybilKisah Nyata Seorang Gadis dengan 16 Kepribadian karya Flora Rheta Schreiber ? Saya membaca edisi terjemahan Indonesia yang diterjemahkan Prof. Sarlito Wirawan Sarwono.

Dr Wilbur, psikiater yang merawat Sybil membuktikan bahwa perpecahan kepribadian pada Sybil dan enam pasien lain yang dirawatnya merupakan gejala histeria yang timbul sebagai reaksi terhadap lingkungan keluarga yang picik, serba mengharamkan, kejam dan tidak memberi peluang untuk jalan keluar.

Karena yakin pada diagnosis histeria, Dr Wilbur percaya bahwa penyakit Sybil yang sudah dideritanya sejak ia berumur dua setengah tahun, dapat disembuhkan dan akhirnya setelah berusaha sebelas tahun lamanya, pribadi-pribadi Sybil itu memang dapat dipersatukannya.

Nah, salah satu dari 16 kepribadian Sybil ini bernama Victoria Antoinette Scharleau yang fasih berbahasa Perancis...

Mengapa Victoria atau Vicky jago berbahasa Perancis, suka seni, berbudaya, suka membaca, suka batu permata? Mengapa Vicky tidak jago berbahasa Timbuktu tapi jago berbahasa Perancis?

Siapa di antara kita yang lahir dari lingkungan sempurna dalam arti orang tua yang harmonis, ibu bapak yang tak punya gangguan kepribadian, mempunyai saudara yang baik-baik semuanya? Mungkin lebih banyak yang lahir dari keluarga yang bermasalah ya, dengan rentang masalah kecil hingga berat. Seperti Iwan Setyawan pada buku dan filmnya 9 Summers 10 Autumns. Walau Ibu dan Bapaknya penyayang toh dia tumbuh dengan banyak masalah. Dari masalah kemiskinan, masalah pengharapan bapaknya akan anak pria yang macho, masalah kecengengan Iwan kecil yang mengecewakan bapaknya. Menurut saya, rata-rata kita tumbuh dengan keluarga bermasalah, sedikit atau banyak.  Lalu mengapa kebanyakan dari kita tidak berkepribadian ganda? Mengapa kita tidak bisa berbahasa Perancis saat tidak sadar / kesurupan?

Tak mungkin kita berbicara atau membayangkan sesuatu yang tidak ada di memori kita. Misalkan saya bisa mengetahui cerita Harry Potter karena saya baca buku dan filmnya. Tak mungkin saya bisa bicara tentang Harry Potter bila belum pernah punya memori tentangnya. Banyak informasi pada memori kita karena interaksi dengan orang-tua atau teman, bisa dari buku, dari film, dari radio, dari peristiwa yang kita lewati.

Misalkan saya sedang meracau tidak sadar, saya tidak akan tiba-tiba berbahasa Timbuktu. Karena saya tidak punya memori tentang Timbuktu. Nah, si Sybil sebagai Vicky bisa fasih berbahasa Perancis karena Sybil pernah hidup sebagai orang Perancis pada masa kehidupan sebelumnya.

Syukurlah bila memori-memori usang bisa dihapus. Bayangkan bila kita mengingat semua peristiwa mulai dari bayi. Bisa depresi berat kita. Bila ditanyakan pada saya, saya makan apa pada Senin siang minggu lalu, saya pasti lupa. Syukurlah lupa, coba kalau ingat qiqiqi. Betapa berat hidup dengan membawa banyak sampah pikiran. Bisa punya banyak kepribadian seperti Sybil hiiiii...

Saya sendiri cukup susah untuk melupakan hal yang mengecewakan saya. Padahal mengingat hal-hal yang traumatis hanya menyusahkan diri kita. Betapa berbahagia dan beruntung orang yang bisa melupakan dan memaafkan. Mari menjadi orang yang berbahagia dan beruntung...

Seorang teman tidak mau menonton film atau datang ke undangan karena kegiatan itu mengingatkannya kembali pada mantan suaminya. Padahal sudah berpisah dua puluh tahun. Rugi sekali tidak mau menonton film yang bagus-bagus di bioskop. Ada undangan pernikahan, undangan selamatan atau undangan apapun selalu dilewatkannya. Sayang banget. Tidak mudah untuk melupakan...

Seorang kerabat hidup dengan trauma masa kecilnya sebagai anak yang diabaikan. Hingga usianya mencapai separuh baya, dia terus mencari pengakuan bahwa dia seorang hebat dan perlu diperhatikan. Perjalanan mencari pengakuan ini membuat dia dikelilingi oleh teman-teman yang memanfaatkan dirinya. Hingga berusia 50 tahun dia tidak bisa menabung karena teman-teman di sekelilingnya mengangkat-angkat dirinya sambil memeras harta dia. Si kerabat ini tidak sadar mengapa dia selalu dikelilingi oleh parasit-parasit hidup.

Itulah mengapa kita perlu meniti jalan ke dalam diri agar kita sadar. Banyak sekali kekeliruan-kekeliruan dalam hidup kita karena kita abai , karena kita kurang sadar.

Untuk latihan katarsis agar menghilangkan trauma, kecanduan, memori yang membebani silakan ikut latihan Self Empowerment & Wellbeing di Anand Ashram. Mari memberdaya diri, mari meniti jalan ke dalam diri, mari menjadi orang sehat, senang, sadar,sukses slalu *smile

Terimakasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters