Sabtu, 11 Mei 2013

Mencapai Kepuasan: dari novel "Cewek Matre"



Syukurlah saya jarang menonton tv. Bosan banget dengan tayangan Adi Bing Slamet vs Eyang Subur. Bosan juga dengan tayangan tentang para wanita di sekitar Ahmad Fathanah. Berhubung setiap hari buka twitter, masuk ke otak juga berita bombastis ini...

Jadi geli membaca berita tentang istri-istri Eyang Subur yang menolak untuk diceraikan. Lagipula Adi Bing Slamet ini siapa sih? Utusan Tuhan yang memaksa orang untuk bertobat dan menceraikan istri-istrinya? Selama tidak ada yang merasa dirugikan, siapa sih yang berhak mengatur kehidupan orang lain.

Maaf, saya bukan pembela Eyang Subur. Pada seseorang yang beristri dua saja saya kurang respek apalagi pada seseorang yang beristri tujuh *huek.

Saya sempat menonton acara di tv yang menayangkan wawancara dengan istri-istri Eyang Subur. Istri-istrinya berpakaian sama, memakai giwang, kalung dan gelang emas bertatahkan berlian. Ow, kaya ya Eyang Subur ini. Presenter tv tersebut kemudian masuk ke dalam kamar salah satu istri Eyang. Tampak lemari berisi tas-tas bermerek. Hmmm...

Jadi merenung, mengapa ada wanita yang mau menjadi istri ke sekian. Memang ada satu kondisi dimana poligami menjadi win-win solution. Misalnya seorang istri sakit berat, lalu suaminya menikah lagi. Kalau suami sakit berat, apa istri boleh poliandri? *uhuk

Seorang teman menjadi istri kedua seorang pengusaha. Dia cerita bahwa dia bersedia karena harus membiayai ibunya yang saat itu sakit keras. “Coba, kerja dimana yang bisa menghasilkan uang banyak?” teman itu bertanya sekaligus membela diri. Iya juga sih. Cuman kalo bisa, kita tidak berada pada posisi yang menyakitkan orang lain. Istri pertama pasti sakit hati bila mengetahui suaminya menikah lagi.

Belum selesai cerita Eyang Subur, muncul berita tentang wanita-wanita Ahmad Fathanah. Ada Maharani, Ayu Azhari, Vitalia Shesya, Tri Kurnia lalu artis berinisial NA. Fathanah, yang telah beristri lima, memberikan duit, mobil Honda Jazz, perhiasan-perhiasan mahal kepada wanita-wanita cantik  ini.

Saya perhatikan Vitalia sehat, dia bisa mencari uang sebagai model. Gadis yang sehat dan cantik ini pasti bisa mencari uang dengan menjaga stan-stan pameran, atau dagang atau kerja apa kek. Namun karena dia tidak hidup sederhana, suka hidup mewah maka dia bersedia menjadi salah satu wanita Ahmad Fathanah. Memprihatinkan sekali.

Novel “Cewek Matre” karya Alberthiene Endah dengan gamblang bercerita tentang wanita kota yang matre. Lola, tokoh utama dalam novel Cewek Matre, sebenarnya hidup cukup dengan gaji hasil bekerja di kantor sebuah majalah lifestyle di Jakarta. Namun Lola tergoda untuk memiliki baju, tas, sepatu, gaya hidup mewah. Hal ini menyebabkan Lola, mau tak mau, kudu morotin om-om berduit. Dan pastinya om-om berduit itu tidak akan memberikan duit percuma, mereka bukan yayasan sosial. Hidup harus take and give dong. Ada pelayanan, ada duit.

Ternyata tak enak jadi cewek matre. Dinyinyirin orang sekitar, baik cowok maupun cewek, yang ingin tahu darimana duit untuk membeli barang bermerk. Singkat kata, mereka berpikir “darimana dia bisa punya barang bermerk, bisa bergaya hidup mewah, sedangkan penghasilan dia kita tahu lah”.

Lola akhirnya bertemu dengan orang-orang yang tidak tertarik membahas tentang tas dan sepatu bermerk. Ibu-ibu kenalan barunya, yang kaya-raya itu, lebih suka berbincang tentang bisnis mereka. Lola kemudian menerima pekerjaan part-time di luar pekerjaannya di kantor. Ternyata dia mendapatkan kepuasan dari pekerjaan part-time nya itu. Duit yang diperoleh dari hasil keringat sendiri ternyata nikmat. Tidak perlu jadi simpanan om-om genit.

Kepuasan ternyata diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan dengan penuh semangat. Menikmati hasil dari keringat sendiri ini luar biasa. Dan tentu saja perlu hidup sederhana, yang sesuai dengan penghasilan, agar tidak tekor. Dengan demikian kita tidak perlu mempermalukan diri sendiri dengan menjadi simpanan om-om. Ngeriiiii!!!

Terimakasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters