Selasa, 01 Oktober 2013

Review Buku: Kemaharajaan Sriwijaya, Lingkar Laksman




Novel Sejarah karya David Ezsar Purba ini bercerita tentang ksatria melayu pelindung Dinasti Syailendra. Semacam pasukan elite khusus untuk menjaga keamanan Dinasti Syailendra, yang memimpin Kemaharajaan Sriwijaya.

Kemaharajaan Sriwijaya bertahta di pusat Jayadvipa – kotaraja Maja Tengah. Kemaharajaan Sriwijaya melayani dan memimpin 108 kadatuan yang berada dalam persekutuan Banjaran Nagara, yang membentang hingga ke negeri Siam dan Langkasuka di sebelah utara, hingga ke Pulau Papua di sebelah timur.

Penguasa Syailendra berasal dari Kadatuan Indragiri, menyandang gelar Kemaharajaan Shri Wijaya (Sriwijaya), yang merupakan amanah pemberian para Tetua dari Kabuyutan Banjaran Nagara/ Tatar Sunda.

Dalam novel sejarah ini, penulis melakukan rekonstruktif imajinatif tentang sistem mandala yang membuat Sriwijaya bertahan lama, sejak pertengahan abad ke 7 hingga abad ke 14 masehi.

Bagaimana Ksatria dari Lingkar Laksman mempertahankan keamanan dan memastikan agar regenerasi bisa berjalan dengan baik ? Silakan simak novel yang seru ini.

Saya suka novel thriller seperti novel Dan Brown atau novel Greg Iles. Saya juga suka novel sejarah bernapaskan thriller seperti novel karya David Purba ini. Namun dalam novel ini ada “hikmah” yang patut direnungkan. Pasti ada ajaran mulia yang membuat satu kerajaan bisa berjaya berabad-abad lamanya.

Ketika manusia Eropa belum kenal mandi, ketika manusia Timur Tengah mencari penghidupan dengan menjarah harta para saudagar, Kemaharajaan Sriwijaya telah melintasi lautan untuk berdagang rempah-rempah hingga ke Madagaskar dengan kapal laut buatan sendiri.

Nenek moyang kita begitu hebat. Pastinya DNA yang hebat itu telah diturunkan pada kita. Tetapi mengapa saat ini kita begitu terpuruk sebagai bangsa ?

Marilah belajar dari sejarah. Kita bisa belajar mengapa kita bisa berjaya, juga bisa belajar mengapa kita bisa terpuruk. Mari membaca novel sejarah antara lain karya David Purba ini. Novelnya seru, ditanggung tidak membosankan...

Bila ingin membeli novel ini, sila hubungi David Purba.
TerimaKasih... Namaste _/l\_

DATA BUKU:

*Judul : Kemaharajaan Sriwijaya: Lingkar Laksman
*Penulis : David Ezsar Purba
*Tebal : xvi + 376 halaman
*Penerbit : Indie Publishing, 2013

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Uhuy dah

Guruntala mengatakan...

Hehehe... Makasih tlah mampir :)

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters