Minggu, 11 Januari 2015

Memaafkan Diri


Capek bingits jalan seharian dari pagi. Karena air minum habis, saya beli air mineral yang dingin. Kecapekan, udara panas, minum air dingin merupakan kombinasi yang sukses membuat migren saya kambuh. Masya Allah sakiiitnya... 

Kadang bersyukur juga bila migren kambuh. Sakit mengingatkan pada kematian. Jasad ini tidak abadi. Walau rasa sakit itu sangat tidak enak, kita bisa memperhatikan pikiran kita. Pikiran yang liar sangat membuat sengsara. Tiba-tiba semua kesalahan yang dilakukan dalam hidup muncul semua. Memori tentang orang sakit yang pernah saya baca misalnya pada buku "Titik Nol" Agustinus Wibowo muncul semua. Dan depresi menyapa...

Pikiran liar ini membuat saya menderita. Kita memang perlu menyadari kesalahan-kesalahan kita, namun yang paling penting adalah kita memaafkan diri kita sendiri. Tuhan Maha Pemaaf, mengapa kita tidak memaafkan diri sendiri...

Jadi memarahi diri sendiri. Mengapa tidak rajin katarsis. Mengapa tidak rajin meditasi untuk menjernihkan pikiran. Mengapa tidak rajin yoga. Memarahi diri sendiri, namun menolak untuk hidup dengan rasa bersalah.

Mungkin seperti ini kondisi menjelang kematian. Rasa bersalah menyergap. Berbagai penyesalan karena tidak melakukan hal yang penting jadi membebani diri seperti dalam film "The Green Miles" Tom Hanks. Betapa perlunya melatih diri sepanjang hidup...

Berhubung saya sedang belajar akupuntur maka saya menusukkan jarum akupuntur ke diri sendiri. Alhamdulillah, rasa sakit berkurang. Saya tertidur dan kemudian bangun dengan kepala ringan. Alhamdulillah, terimakasih Bunda.

Semoga kita semua sehat slalu... Semoga semua makhluk berbahagia.
Terimakasih... Namaste

2 komentar:

Alamanda mengatakan...

Mungkin hal yang paling sulit yang harus dilakukan tiap pribadi adalah memaafkan diri sendiri. Nice info sist ^^

Guruntala mengatakan...

Thank you for dropping by Alamanda :)

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters