Selasa, 05 Februari 2013

Awet Muda, Segar Bugar, Panjang Usia


Rubrik “Sosok” pada Kompas 26 Januari 2013 menarik perhatian saya. Oma Tineke Matulessy sudah berusia 83 tahun namun masih bugar. Walau telah berusia lanjut, Oma Tineke tetap aktif mengikuti berbagai lomba atletik hingga tingkat internasional. Beliau masih bisa berlari, lompat jauh, juga lompat jangkit. Dalam lomba lompat jangkit, Tineke bahka nmemecahkan rekor dunia yakni 3,68 meter. Hebat!!!

Bikku Thich Nhat Hanh masih bugar pada usia 84 tahun. Penglihatan dan pendengaran masih awas, pikirannya masih jernih, tidak pikun. TNH bahkan masih keliling dunia sambil memimpin monastery nya di Plum Village, Prancis.

Mbah Putri seorang teman segar bugar hingga usia beliau 105 tahun. Beliau jatuh terpeleset, hanya sakit selama tiga hari sebelum meninggal. Sementara putrinya Mbah Putri, Eyang Tari, sakit-sakitan dan meninggal pada usia 75 tahun. Padahal Eyang Tari menerapkan gaya hidup sehat. Namun beliau tetap sakit-sakitan, mungkin karena banyak pikiran dan makan hati. Suami Eyang Tari termasuk tipe suami yang sangat menjengkelkan, tipe semau gue, suami yang sangat cuek. Demikian curhat Eyang Tari saat beliau masih hidup. Pantas Eyang Tari sakit-sakitan yak, padahal beliau hanya mau makan makanan sehat, beliau juga rajin bergerak di usia sepuh.

Seorang teman komentar, “Pak Habibie menceritakan gaya hidup sehat Ibu Ainun, antara lain beliau hanya mau makan makanan segar. Begitu teliti beliau menjaga kesehatan, mengapa beliau sakit-sakitan dan meninggal muda ya? Mungkin karena Pak Habibie tipe easy going, sementara Ibu Ainun tipe pemikir.”

Kesehatan ternyata tidak melulu dari masalah fisik saja namun juga masalah pikiran dan kejiwaan. Saat ini Ayurvedic Lifestyle sudah populer di Amerika berkat Deepak Chopra. Deepak Chopra saat ini menjadi guru kesehatan holistik para selebriti Amrik seperti Madonna, Oprah Winfrey, Demi Moore, George Harrison. Ayurvedic Lifestyle akan menjadi gaya hidup masa depan. Di masa depan penyembuhan penyakit bisa dilakukan dengan pemberian stem cell. Untuk menjaga kesehatan –wellbeing- klinik-klinik seperti L’Ayurveda akan menjadi rujukan.

Bagaimana kondisi kesehatan kita sejak lahir adalah takdir atau karma. Ada yang segar bugar sejak lahir hingga usia lanjut. Ada yang sejak kecil sudah sakit-sakitan. Namun apa yang harus dilakukan dengan kondisi fisik kita saat ini?

Kondisi kesehatan kita saat ini adalah takdir yang mau tidak mau harus diterima. Bagaimana agar kita mencapai kondisi terbaik agar bisa beraktivitas sesuai dengan cita-cita kita? Mari belajar Ayurvedic Lifestyle. Ayurveda artinya ilmu kehidupan, hasil pencerahan para resi. Ayurveda sudah berusia 5000 tahun berarti sudah cukup teruji manfaatnya. Bila ngawur, Ayurveda pasti sudah punah pada abad lalu.

Mari ikut Workshop Ayurvedic Self Healing. Pada workshop yang dipandu Ibu Maya dari L’Ayurveda, akan dibahas mengapa kita bisa sakit. Bagaimana agar kita bisa sehat selaras mind body and soul. Kita akan diajarkan untuk mengenal tipe tubuh kita, ada tipe Vata, Pitta, Kapha atau gabungan. Akan diajarkan makanan yang cocok dengan tipe kita, cara pernapasan (pranayama) yang sesuai dengan tipe tubuh kita, yoga dan gaya hidup sehari-hari yang sesuai dengan tipe tubuh kita. Juga ada bonus  Ayurvedic Daily Self Massage. Mengurangi pengeluaran ke tukang pijat boo.

Makanan adalah obat namun makanan adalah racun juga. Akan diajarkan kombinasi makanan beracun. Tubuh manusia memiliki daya tahan yang hebat. Bila makan makanan yang tidak sesuai dengan tipe tubuh kita, atau makan kombinasi beracun, kita tidak langsung sakit. Namun menurut Ayurveda, bila ingin bugar hingga usia 125 tahun, patuhi Ayurvedic Lifestyle. Bila kita bugar hingga usia lanjut, banyak cita-cita kita yang dapat dicapai pada masa kehidupan ini. Amiiin. Semoga kita semua sehat bugar hingga usia lanjut ya.

TerimaKasih...
Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters