Sabtu, 23 Februari 2013

Komnas Perempuan & Anomali


Akhirnyaaa saya bisa memahami mengapa Komnas Perempuan dan rata-rata aktivis perempuan tetap percaya bahwa Pak Anand Krishna bersalah. Walaupun Pak Anand Krishna sudah divonis bebas dan dipulihkan kedudukan dan nama baiknya oleh Hakim yang terkenal bersih dan berintegritas, Hakim Albertina Ho. Komnas Perempuan menyambut baik vonis MA pada Pak Anand Krishna yaitu 2.5 tahun penjara. Walau 2 dari Hakim Agung yang memberi vonis itu telah mundur dari jabatan Hakim Agung. Hakim ZU terindikasi suap, Hakim Yamanie terbukti curang dengan mengubah vonis untuk terdakwa narkoba. Aktivis perempuan tetap kekeuh bahwa Pak Anand Krishna bersalah walau kasasi yang diajukan oleh Jaksa Martha Berliana berisi copas kasus sengketa merk. Bahkan ketika Pak Anand Krishna dieksekusi paksa dengan memakai puluhan preman, padahal vonis MA telah Batal demi Hukum karena tidak memenuhi pasal 197 KUHAP, seorang aktivis perempuan tetap membela “korban” Anand Krishna. Dia tetap mempertanyakan bagaimana penanganan trauma pada “korban” Anand Krishna.

Saya baru sadar bahwa Tara dan kawan-kawan adalah anomali. Wanita-wanita peserta meditasi di Padepokan Anand Ashram adalah anomali. Pak Anand Krishna juga anomali.

Komnas Perempuan dan para aktivis perempuan selalu berhadapan dengan para wanita yang tidak berdaya sehingga mereka yakin bahwa wanita yang mengadu pasti benar. Para wanita yang mengadu bahwa mereka korban pelecehan atau korban perkosaan harus dibela karena mereka pasti benar. Ya, saya percaya bahwa para wanita yang mengadu ke Komnas Perempuan rata-rata benar telah diinjak-injak kehormatannya dan perlu dibela.

Namun...para peserta wanita di Anand Ashram adalah anomali. Para wanita di Anand Ashram adalah wanita-wanita tangguh. Saya pernah ditegur oleh Pak Anand Krishna ketika saya lemah tidak berdaya dalam menghadapi satu masalah. Pak Anand Krishna sangat tidak suka melihat manusia lemah. Dan beliau sangat menghargai wanita. Program awal di Anand Ashram adalah Seni Memberdaya Diri 1. Semua program-program di Anand Ashram adalah program-program Self Empowerment, program-program agar peserta menjadi tangguh sehingga bisa berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

Seseorang bisa kekeuh dengan keyakinannya walau fakta berbicara lain. Demikian juga dengan komnas perempuan dan para aktivis perempuan. Mereka yakin bahwa setiap wanita yang mengadu dilecehkan itu adalah korban. Dengan keyakinan seperti itu, fakta apapun yang bertentangan dengan keyakinan tidak akan digubris.

Buku terbaru Ayu UtamiPengakuan Eks Parasit Lajang” antara lain menceritakan seorang pria yang kekeuh bahwa seorang wanita pasti ingin menikah. Walau sudah dijelaskan berulang-kali, walau menghadapi wanita anomali seperti A, Nik tetap kekeuh bahwa setiap wanita pasti ingin menikah jadi A pasti ingin menikah.

Saya juga mengalami kejadian seperti A dalam buku “Pengakuan Eks Parasit Lajang”. Teman pria saya, M, menawarkan rumah tangga bahagia bersama saya. Dia mau menerima saya apa adanya. Dia mau menafkahi saya. Saya terharu dan berterimakasih. “Namun saya tidak mau menikah lagi,” saya menanggapi M. M tidak percaya pada jawaban saya. Sudah sekian percakapan berlangsung untuk meyakinkan dia bahwa saya tidak ingin menikah. Namun dia kekeuh bahwa saya pasti ingin dilindungi seorang suami. Bahwa saya pasti ingin menikah. Ya sutralaaah, walau saya menangis sambil guling-guling di lantai , dia tetap pada keyakinannya. Bahwa setiap wanita mendambakan pernikahan, saya wanita jadi saya mendambakan pernikahan. Huuuh...tarik napas panjang...buang napas pelan-pelan.

Mengapa Tara dan kawan-kawan bisa dipakai oleh seorang “otak” garis keras untuk menghancurkan Pak AnandKrishna dan Anand Ashram? Saya menuliskan pandangan saya pada “DendamTak Kunjung Usai” di Kompasiana.

Semoga kita semua dikaruniai kejernihan pikiran.
Semoga iblis dalam diri tidak menguasai kita. Amiiin.
Terimakasih...Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters