Kamis, 23 Januari 2014

Sehat dan Cantik dengan Rempah-rempah



Picture from Facebook: sottosopra69


Indonesia sangat kaya dengan rempah-rempah dan tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan. Sayang sekali bila hutan kita, sumber rempah-rempah, dirusak untuk perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara atau tambang emas.

Aromatherapy dengan sari tanaman import dari New Zealand sungguh mahal. Orang Indonesia bisa memanfaatkan minyak aromaterapi alami dari Indonesia, contohnya produk Dewi Sri Spa Martha Tilaar. Minyak tawon dari Makassar sangat baik dipakai untuk memijat. Akhir-akhir ini saya memijat dengan minyak dari Karo yang terbuat dari minyak kelapa dan rempah-rempah. Alami dan murah meriah.

Kadang saya terserang migrain. Sungguh tersiksa bila kambuh. Maya Muchtar @mayamuchtar ahli pengobatan Ayurveda dari L’Ayurveda memberikan tip untuk mengobati migrain yaitu makan pisang ditaburi kapulaga. Saya sudah mempraktekkannya. Lumayan membantu.

Menurut Ayurveda, bahan yang aman untuk dioleskan di kulit kita adalah bahan yang aman untuk dimakan. Karena lotion, krem, deodoran yang kita oleskan ke kulit akan masuk ke pembuluh darah kita lewat kulit. Sama saja dengan kita makan lotion atau krem itu.

Wah, repot dong ya. Secara krem wajah tidak bisa saya makan, lotion untuk tangan dan kaki juga tak bisa saya makan, deodorant yang saya pakai sehari-hari juga tidak bisa saya jilat. Trus bagaimana? Ya, sebisa mungkin alami kali ya.

Saya follow akun Jenny Jusuf @JennyJusuf yang sering membagikan resep-resep hidup sehat alami.
Untuk deodoran, Jenny memakai minyak kelapa murni, baking soda dan maizena. Secara deodoran yang beredar di pasaran mengandung almunium yang bisa memicu kanker. Menarik untuk dipraktekkan.

Resep lulur dari Jenny adalah: 4 sendok garam Epson, 2 sendok Vorgin Coconut Oil, 15 tetes minyak kayu putih. Yuk kita praktekkan.

Resep minuman Kunyit Hangat untuk menghadapi musim hujan adalah: kunyit, jeruk nipis, lada hitam, jahe, madu.

Saya pernah mencoba minuman Kunyit Hangat. Kemarin saat bangun pagi saya pilek. Langsung deh saya praktekkan resep dari Jenny Jusuf. Mempan lho. Badan jadi segar, pilek menjauh.

Btw, saya tidak membeli obat nyamuk semprot sejak tahun 1998. Ternyata bisa loh. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi polusi bahan kimia yang terhirup dan masuk ke tubuh sehari-hari.

Tahun 2006, Mbak ART saya tidak tahan dengan pembersih toilet yang biasa saya pakai. Kulit dia langsung merah bentol-bentol. Untuk membersihkan toilet akhirnya saya memakai sabun colek campur citrun. Lumayan, cukup bersih. Bonusnya napas saya tidak sesak saat membersihkan toilet.

Yuk, mari kita coba praktekkan.
TerimaKasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters