Kamis, 03 Mei 2012

Kiat Menulis Biografi a la Alberthiene Endah


       Tulisan ini sudah lama tersimpan, sayang bila dibuang. Bahan-bahannya dikutip dari materi Writing Workshop #wordisme 19 November 2011 yang dibawakan Mbak Alberthiene Endah. Juga dikutip dari twitter @AlberthieneE tentang kiat menulis biografi.

Oleh-oleh dari workshop #wordisme:
      
       Biografi adalah sejarah perjalanan hidup seseorang, menceritakan kehidupan seseorang, pesan kehidupan seseorang yang sarat dengan emosi.
       Dalam buku biografi kita dapat menemukan nilai-nilai yang dimiliki seseorang yang membuatnya dari nothing menjadi something.

Yang diperlukan seorang Biografer:
1.     Wawancara
2.     5 W + 1 H. Siapa tokoh ini, bagaimana tokoh ini. Dalam hal ini Biografer perlu dalam keadaan emosi yang prima sehingga tidak mudah tersinggung.
3.     Menulis konfigurasi perasaan seseorang.
4.     Peka, care, empati pada orang lain.
5.     Lagi dan lagi, kepekaan rasa.

Tokoh yang menarik untuk dibuatkan biografinya:
1.     Memiliki kekayaan hidup, memiliki sesuatu yang perlu dicontoh, contoh hidup yang bisa ditiru, berjuang dari nothing to something.
2.     Memiliki human interest.
3.     Punya agenda. Agenda nara sumber dan agenda penulis.
Contoh: saat penulisan biografi Pak Probosutejo, agenda Pak Probo dalam penulisan biografinya adalah menggambarkan hubungan Probosutejo dan Pak Harto yang hangat.
Penulis memiliki agenda ingin tahu versi kisah PKI dari sudut rumah Pak Harto.

Hal teknis penulisan biografi:
1.     Browsing data tentang Tokoh, nanya-nanya orang-orang dekatnya, dan wawancara langsung dengan tokoh.
2.     Waktu wawancara dengan Tokoh sekitar 1.5 jam setiap bertemu.
3.     Pancinglah cerita Tokoh. Agar bisa “dapat” feel nya, pertemuan dengan Tokoh bisa 2 kali seminggu.

       Saat ini sedang trend biografi yang based on true story. Hak cipta penulisan buku biografi ada di tangan penulis. Terbuka lebar peluang untuk menjadi Penulis Biografi, dalam hal ini Mbak Alberthiene Endah terpaksa banyak menolak permintaan menulis biografi karena jadwal yang terlalu padat. Kesempatan untuk penulis-penulis biografi baru, kawan!

Dari twitter @AlberthieneE :
       Mungkin di sekitar kamu banyak orang hebat yang tersembunyi. Yang berjuang keras dan meraih pencapaian berarti. Mereka tokoh untuk buku!

       Saya (Alberthiene Endah) mau sharing sedikit tentang bagaimana kita bisa jeli menangkap sesuatu yang luar biasa dari sosok-sosok yang tidak populer :

1.     Bertumpulah pada kisah, pada naik turun perjuangannya yang mampu merenda sebuah kisah menakjubkan.
2.     Fokus pada hal-hal yang membuatnya kecewa di masa lalu, dan perasaan-perasaannya pada saat sengsara. Gali emosinya.
3.     Yang terpenting buat pemetaan perjuangannya. Kapan dia merasa ambruk, kapan kebangkitan datang, kapan putus asa, dan kapan pencerahan datang.
4.     Bayangkanlah kamu sedang membuat novel yang memerlukan konstruksi konflik. Terapkan itu pada kisah nara sumber. Dia pasti punya cerita
5.     Jangan abaikan deskripsi. Itu jiwa yang penting dalam kisah nyata. Bila perlu, ajak dia lagi ke tempat-tempat bersejarah dalam hidupnya.
6.     Perlu banyak membaca biografi atau buku-buku yang berbasis kisah nyata agar kita bisa menghirup roh penulisan yang berdasarkan fakta.

       Yuk kita gali Merry Riana lain di sekitar hidup kita. Dia bisa seorang Ibu yang tangguh melewati ujian yang berat. Dia bisa pejuang kemanusiaan.
       Semakin banyak kita bisa tampilkan manusia unggul dengan kejujuran daya juang yang berguna bagi orang lain, makin semangat hidup kita.

Demikian *smile
Namaste _/l\_
      

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters