Sabtu, 26 Mei 2012

Yang Menarik dari Film Bel Ami


       Film Bel Ami diadaptasi dari novel Guy de Maupassant yang diterbitkan tahun 1885. Film Bel Ami, yang artinya kekasih, berlatar belakang kalangan elit Perancis abad XIX. George (Jorge?) Du Roy, seorang pemuda miskin berhasil masuk ke kalangan elit  berkat jasa kenalannya semasa perang, Charles Forestier. Forestier, jurnalis koran terkenal Paris, menerima George untuk bekerja di kantornya. George bisa menghasilkan tulisan yang memikat berkat arahan Madeleine Forestier yang jenius.

       Kisah utama berkisar pada George du Roy yang gila hormat dan harta. Karakter-karakter menarik dalam film ini antara lain:

Madeleine Forestier

       Diperankan Uma Thurman dengan sangat menarik. Madeleine sangat cerdas dan berbakat menulis. Namun jurnalistik adalah dunia para pria sehingga Madeleine menyalurkan bakatnya lewat para pria. Setelah suaminya meninggal, Madeleine menikah dengan George du Roy. Madeleine adalah karakter wanita yang cantik, cerdas, menarik, a good conversationist.  Kecerdasan dan naluri jurnalis membuat dia tampak lebih menarik, imo.

My note:
       Gegabah sekali Madeleine memutuskan menikah dengan George Du Roy. Untuk menjadi perpanjangan tangan Madeleine dalam menyalurkan naluri jurnalisnya? Padahal Madeleine telah mempunyai kekasih yang sangat dicintainya, yang menemuinya setiap hari Selasa.

       Madeleine juga berselingkuh dengan orang penting di koran tersebut selain Rousset. Kok suka selingkuh? Mungkin karena dunia kerja adalah dunia pria pada masa itu sehingga Madeleine menyalurkan bakatnya lewat jurnalis-jurnalis di dekatnya.


Clothilde de Marelle

       Clothilde de Marella yang diperankan oleh Christina Ricci adalah wanita muda cantik, istri dari orang penting di koran tempat George bekerja.  Clothilde tetap mempertahankan perkawinannya, namun dia meyewa tempat khusus untuk bercinta dengan George.

       George puas dengan percintaan (gelap)nya dengan Clothilde, namun ambisi George untuk menjadi kaya dan terpandang membuatnya terus mencari wanita lain sebagai pijakan untuk mencapai cita-citanya.

Madame Rousset
       Madame Rousset adalah wanita penggugup yang mudah sekali jatuh cinta pada pria yang merayunya. Sekali dirayu George, Madame Rousset langsung lupa diri. Dia memberikan info apa saja yang dibutuhkan George, walaupun merugikan suaminya. Namun George memperlakukan dia bagai sepah yang dibuang setelah mendapatkan manfaatnya.

My note:

Wanita sebaiknya percaya diri sehingga tidak mudah jatuh cinta pada pria busuk yang hanya mau memanfaatkan.
Mari merawat diri, merawat kecantikan sehingga bisa berkata pada diri sendiri, “Saya cantik...saya cantik....saya cantik.”
Tidak perlu rindu perhatian orang lain. Perhatikanlah diri sendiri. Life is sooo beautiful. Banyak sekali yang bisa disyukuri dalam hidup ini. Lihatlah mentari bersinar cerah, pohon dan bunga yang indah, burung berkicau merdu...What a wonderful world...

George du Roy

       Karakter utama dalam film ini diperankan dengan menarik oleh Robert Pattinson. Tahu kan Robert Pattinson, si Vampire ganteng dalam film seri Twilight.

       George Du Roy adalah pria yang memanfaatkan akal (baca:licik) dan daya tarik seksualnya untuk meraih harta dan status di kalangan atas Paris.

       Dia menikahi Madeleine, yang baru saja kehilangan suaminya, demi ambisinya. George bisa berselingkuh dengan Clothilde dan pernah meniduri Madame Rousset, namun bisa sangat marah ketika mengendus bibit perselingkuhan istri yang dipujanya, Madeleine.

       Kemarahan George memuncak ketika menyadari bahwa dia tetap tidak diterima sebagai bagian dari kalangan elit. Dia memutuskan merayu dan menikahi anak gadis Rousset. Dengan demikian dia otomatis memiliki kekayaan 30 juta franc. George tahu orang yang berharta akan dihormati. Money is power, isn’t it? Not always haha.

My note:

       Ambisi membuat orang lupa pada kemanusiaan di dalam diri. George bisa menikahi anak gadis yang masih hijau demi ambisinya. Padahal sebaiknya orang menikah karena cinta dan demi cinta  *haaiiiaaah.
       George juga tega merayu istri orang demi memanfaatkannya. Hiii, licik banget. Tidak ingat balasan dari Yang Maha Kuasa yak.

Begitulah, nafsu untuk diakui / dihormati oleh masyarakat, nafsu untuk menjadi kaya raya bagai api yang selalu membesar. Orang bisa bercita-cita namun nafsu yang tak terkendali membuat orang menjadi jahat dan licik seperti George Du Roy dalam film Bel Ami ini.

Semoga kita semua dapat memadamkan api nafsu yang berlebihan di dalam diri.
Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters