Sabtu, 21 September 2013

Cerpen-cerpen Kuntowijoyo



Senang sekali melihat buku-buku kumpulan cerpen Budayawan Kuntowijoyo dicetak ulang dan terpampang di rak toko buku Gramedia. Ada novel “Mantra Penjinak Ular” dan Kumpulan Cerpen “Pelajaran Pertama bagi Calon Politisi”.

Saya suka cerpen-cerpen Kuntowijoyo. Beliau bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya, pengalaman hidupnya, cara pandang beliau terhadap kehidupan sebagai orang Jawa yang taat beragama (Islam). Gaya menulis Pak Kunto mengingatkan saya pada gaya bertutur penulis Nh. Dini.

Membaca buku sastra seperti buku karya Pak Kuntowijoyo ini memperkaya hidup kita. Saya merasa didongengi Pak Kunto tentang pengalaman beliau saat belajar di Amerika, saat kembali ke Indonesia dan menjadi dosen di Jogja.

Pak Kunto adalah cermin muslim yang ramah, hangat dan bijaksana. Cermin muslim yang merupakan rahmatan lil alamin. Beliau sangat menghargai istri, menghargai sesama manusia dengan keyakinan berbeda. Beginilah contoh muslim nusantara, bukan muslim yang keras seperti -maaf- Habib Rzq.
Buku cetakan tahun 2000. Bercerita tentang tiga puluh orang Indonesia yg datang ke New York dgn cita-cita dan latar belakang yang berbeda

Yuk membaca karya-karya Pak Kuntowijoyo...
TerimaKasih... Namaste _/l\_

2 komentar:

abdiman mengatakan...

seingat saya mantra pejinak ular tuh mbak, awalan pe tanpa huruf N

Rawinah mengatakan...

Benar Pak Abdiman. Yang benar adalah "Mantra Pejinak Ular".
Makasii untuk koreksinya, TerimaKasih telah berkenan mampir _/l\_

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters