Minggu, 15 September 2013

Tips Membaca Efektif



Apakah banyak buku yang belum pernah dibaca menumpuk di rumah Anda? Sama dong. Ketika di toko buku sepertinya buku itu menarik sekali. Ketika sampai di rumah ternyata hanya tergeletak tanpa ditengok hingga bertahun-tahun. Kondisi seperti ini harus diubah, harus hemat duit dan waktu!!!

Paulo Coelho menulis bahwa  dia hanya menyimpan 400 buku untuk koleksi pribadinya. Buku yang sudah selesai dibaca dan tidak terlalu penting akan disumbangkan. Menarik juga ya. Meyumbangkan buku akan membuat rumah lebih lapang.

Ada tips membaca efektif dari buku “Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies” karya Yoris Sebastian. Tahu dong siapa Yoris. Di usia 26 tahun Yoris sudah menjadi General Manager Hard Rock Cafe Jakarta.

Berikut kutipannya:

Memilih Bacaan dari Sekian Banyak Pilihan
Karena terlalu banyak bahan bacaan yang tersedia, kadang kita bingung mana yang harus dibaca dengan waktu kita yang terbatas. Inilah tipsnya:
·       
 Lihat Manfaatnya

Sebelum membaca sesuatu, tanyakan kepada diri anda, perlukah saya membaca ini? Kalau anda merasa bingung menjawabnya, tinggalkan saja. Jangan sampai membaca sesuatu yang anda sendiri tidak yakin apa gunanya bagi anda.
·       
 Mulai dari yang Paling Menarik

Bila Anda mempunyai sebuah daftar bacaan, atau daftar judul pada inbox e-mail, jangan pernah memulai dari atas dan berpikir bahwa anda akan menyelesaikan sisanya. Melihat satu per satu hanya akan membuang waktu, dan ketika sampai pada hal yang benar-benar penting, mungkin anda sudah keburu lelah untuk membacanya. Mulailah dari hal yang paling menarik minat. Kalau anda sangat tertarik dengan suatu judul, kemungkinan besar disitulah terletak apa yang anda cari.

·      
  Lihatlah Sumbernya

Lihat siapa penulis, pengirim, atau sumbernya (situs/penerbitnya). Kalau anda pernah menyukai tulisan mereka, kemungkinan besar anda juga akan menyukai tulisan mereka yang lain. Kalau anda tidak suka dengan suatu sumber atau penulis, buang saja dari daftar anda.

·         
Periksa Tanggal Terbit

Kapan artikel atau buku itu dibuat? Kalau sudah nggap up to date, tinggalkan saja. kecuali kalau anda punya waktu luang banyak, atau topiknya memang sangat relevan, bolehlah membacanya.

·       
 Bacalah dengan Cepat

Waktu anda terbatas, dan menurut penelitian, membaca cepat atau lambat akan sama saja hasilnya. Otak anda dapat menangkap inti bacaan meskipun membaca secara cepat. Terapkan metode skimming atau scanning yang pernah anda pelajari dalam pelajaran bahasa di sekolah dulu. Yaitu, ambil intinya pada bagian awal dan akhir setiap paragraf.

Nah selamat membaca!

Tips yang berguna kan?

TerimaKasih... Namaste _/l\_

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

About Me

Foto Saya
Guruntala
🌹A dam mast qalandar. #BlessingsClinic 🌹Give some workshops: Meridian Face & Body Massage, Aromatherapy Massage with Essential Oils, Make up. 🌹Selling my blendid Face Serum. IG & twitter: @guruntala
Lihat profil lengkapku

Followers

Komentar Terbaru

Visitors

free counters